Sabtu, 14 September 2019

1. Algoritma Pemrograman (Pendahuluan)

  Hai teman2. saya hanya ingin berbagi ilmu tentang Algoritma. semoga bermanfaat yaa 😎😊😊

Pendahuluan

Materimateri yang akan dibahas


  1. Konsep dasar pemrograman
  2. Konsep dasar algoritma
  3. Aturan penulisan notasi algoritma
  4. Tipe data, nama dan nilai
  5. Aksi sekuensial
  6. Pemilihan
  7. Perulangan
  8. Record
  9. Array
  10. Prosedur
  11. Fungsi
  12. Array dua dimensi
  13. Searching
  14. Sorting
1. Konsep Dasar Pemrograman
1.1. Pengertian program dan pemrograman
   •Komputer merupakan alat bantu penyelesaaian masalah di berbagai bidang:pendidikan, perbankan, industri, penerbangan, kedokteran, permainan, dll.
           •Tetapi, permasalahan tidak dapat disodorkan begitu saja kedepan komputer, karena mesin komputer hanyalah benda mati yang tidak bisa apa-apa. Manusia merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah dalam runtutan intruksi yang dapat dilaksanakan oleh komputer yang disebut program.
     •Program merupakan runtutan atau himpunan intruksi (perintah) tertulis yang ditanam ke dalam komputer untuk menyelesaikan masalah.
       •Pemrograman merupakan pengerjaan penulisan intruksi oleh programmer untuk  menyelesaikan suatu masalah.
         •Tahapan penyelesaian masalah oleh komputer

1.2. Bahasa Pemrograman
 Program harus dibuat kedalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang disebut bahasa pemrograman, supaya intruksi yang ditulis programmer dapat dilaksanakan oleh komputer.
1. Bahasa Mesin
Adalah bahasa yang berisi kode-kode mesin yang hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer. Bahasa ini merupakan bahasa level rendah dan merupakan kode numerik 0 dan 1.
Kelebihan: eksekusi cepat,
Kekurangan: sangat sulit dipelajari manusia
2.Bahasa Assembly
Adalah bahasa simbol dari bahasa mesin. Setiap kode bahasa mesin memiliki simbol sendiri dalam bahasa assembly. Misalnya ADD untuk penjumlahan, MUL untuk perkalian, SUB untuk penguranan dan lain-lain.
Kelebihan: eksekusi cepat, masih bisa dipelajari dari pada bahasa mesin, file kecil
Kekurangan: tetap sulit dipelajari , program sangat panjang.  
3.Bahasa Tingkat Tinggi
Adalah bahasa pemrograman yang lebih tinggi dari pada bahasa assembly. Bahasa ini lebih dekat dengan manusia dan lebih dipahami oleh manusia.
Contoh: Pascal, Basic, Cobol, C, C++, Java, dll.
Kelebihan: Mudah dipelajari, mendekati permasalahan yang akan dipecahkan, kode program pendek.
Kekurangan: Eksekusi lambat karena ada proses pengubahan perintah dalam bahasa ini kedalam bahasa mesin oleh translator.
4.Bahasa yang berorientasi pada masalah spesifik
Adalah bahasa yang digunakan langsung untuk memecahakan masalah tertentu. Misalnya SQL untuk database. Bahasa ini juga masuk dalam bahasa tingkat tinggi
Translator (penerjemah), berfungsi untuk menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin. Translator dapat dibedakan menjadi: 
•Interpreter: menterjemahkan dan mengeksekusi baris perbaris intruksi. Contoh: bahasa Basic
Compiler: mengeksekusi program setelah seluruh intruksi diterjemahkan. Contnoh: bahasa pascal, C, Ada, C++, dll

1.3. Belajar memprogram dan Belajar bahasa pemrograman
Belajar memprogram adalah belajar tentang strategi, metodologi dan sistematis pemecahan masalah kemudian menuangkannya kedalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
–Sifat: pemahaman persoalan, analisis, sintesis
–Titik berat: design program
•Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan tata basanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compilernya untuk membuat program yang ditulis kedalam bahasa itu saja.
–Sifat: ketrampilan
–Titik berat: coding program

1.4. Langkah-langkah pemrograman komputer
  1. Mendefinisikan masalah: menentukan masalahnya seperti apa, apa saja yang harus dipecahkan dengan komputer, apa maksudnya, dan bagaimana keluarannya.
  2. Menentukan solusimencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikanJika masalah terlalu kompleksmaka ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi modul-modul kecil agar lebih mudah diselesaikan.
  3. Memilih algoritma : pilihlah algoritma yang benar-benar sesuai dan efisien untuk permaslahan tersebut.
  4. Menulis program: menulis program dalam salah satu bahasa pemrograman.
  5. Menguji program: menentukan apakah program berhasil dikompilasi dengan baik?, apakah program dapat menghasilkan keluaran yang diinginkan?
  6. Menulis dokumentasimenulis dokumentasi sangat penting agar pada suatu saat jika kita akan melakukan perubahan atau membaca source code yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah untuk membacanya.
  7. Merawat program : program yang sudah jadi perlu dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi.
Contoh permasalahan: menghitung dan menampilkan luas persegi panjang
Tahapan penyelesaian:
1. Mendefinisikan masalah
Masukan: panjang, lebar
Keluaran: Luas
2. Menentukan solusi dan memilih algoritma
Contoh urutan solusi:
Baca input panjang
Baca input lebar
Hitung luas= panjang X lebar
Tampilkan luas
3. Menulis program
    Contoh penulisan program kedalam bahasa pascal

1.5. Pascal
Pascal merupakan salah satu dari beberapa bahasa pemrograman tingkat tinggi yang tersetruktur (tidak ada loncatan/ berurutan, adanya blok yang mempunyai batas yang jelas)
Dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth. Nama pascal terambil dari ahlli matematika dan philosophi perancis (Blaise pascal).
Aplikasi pascal digunakan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan sceientific/matematika yang memerlukan ketelitian perhitungan yang akurat, databse, game, bisnis dan teknik.
Pascal yang akan digunakan adalah versi Turbo pascal for windows versi 1.5
Tiga bagian dalam bahasa pemrograman pascal, yaitu bagian:

–judul,
deklarasi,
dan algoritma


    1. Judul
–Sintaxnya harus diawali kata PROGRAM
–Judul yang ditulis tidak boleh mengandung karakter spasi dan diawali karakter huruf alfabet serta tidak perlu diaakhiri tanda titik koma.
–Judul sebaiknya mencerminkan isi program yang dibuat.
  Contoh: PROGRAM HelloWorld
2.Deklarasi
–Const : mendeklarasikan variabel – variabel dengan nilai tetap
–Type : untuk mendeklarasikan / memperkenalkan tipe baru
–Var : untuk mendeklarasikan variabel yang bertipe dasar pascal atau buatan dari bagian deklarasi type
  Contoh:
   Const
  Phi = 3.14;

type
  f :   record
x : integer;
y : integer;
  end;
var
a : integer;
f : fungsi ;
Contoh program awal yang sangat terkenal :
  program HelloWorld;
  uses winCrt;
  begin
  write(‘Hello World’);
  end.

1.Memulai Turbo pascal for windows versi 1.5
a.Klik start
b.Klik all program
c.Pilih direktori TPW 1.5
d.Klik TPW 1.5
2.Cara memulai/membuat program
    –Pilih menu file Ã  new

3.Cara penyimpan program
     a.Pilih menu file Ã  save as
     b.Isikan file name
     c.Atur directories yang dikehendaki
     d.Pilih tombol OK untuk menyimpan
4.Cara membuka program
    a.Pilih menu file Ã  open
    b.Pilih directories penyimpanan file program
    c.Klik 2X nama file yang akan dibuka pada files

5.Cara menjalankan program
•Pilih menu Run Ã  Run